Senin, 15 Agustus 2011

Membudidayakan Green Construction Sebagai Bangunan Masa Depan Indonesia


Sarana dan prasarana fisik, atau sering disebut dengan infrastuktur, merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem pelayanan masyarakat. Berbagai fasilitas fisik merupakan hal yang vital guna mendukung gerak roda pemerintahan, perekonomian, industri dan berbagai kegiatan sosial di asyarakat dan pemerintahan. Mulai dari sistem energi, transportasi jalan raya, bangunan- bangunan perkantoran dan sekolah, hingga telekomunikasi, rumah peribadatan dan jaringan layanan air bersih, kesemuanya itu memerlukan adanya dukungan infrastruktur yang handal.

Demikian luasnya cakupan layanan masyarakat tersebut, maka peran infrastruktur dalam mendukung dinamika suatu negara menjadi sangatlah penting artinya Adalah suatu hal yang umum bila kita mengkaitkan pertumbuhan eknomi dan pembangunan suatu negara dengan pertumbuhan infrastruktur di negara tersebut. Berbagai laporan badan dunia seperti World Bank, menekankan peran infrastruktur dalam pembangunan negara, dan bagaimana negara-negara di dunia melakukan investasi di sektor tersebut.

Wacana green construction perlahan tapi pasti mulai berhembus di dunia konstruksi Indonesia. Namun masih banyak orang bertanya kenapa wacana hijau begitu penting untuk melekat pada dunia konstruksi, kemudian apakah yang dimaksud dengan green construction yang bila diterjemahkan secara bebas adalah konstruksi hijau, implementasinya dan payung hukum yang menyertainya.

Tujuan

.Dapat mengetahui prinsip Green Construction
.Dapat mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala penerapan Green Construction
.Dapat mengetahui upaya-upaya yang dilakukan untuk mewujudkan Green Construction

Pengertian Green Construction

Green construction atau konstruksi hijau adalah sebuah gerakan berkelanjutan yang mencita-citakan terciptanya konstruksi dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan pemakaian produk konstruksi yang ramah lingkungan, efisien dalam pemakaian energi dan sumber daya, serta berbiaya rendah. Gerakan konstruksi hijau ini juga identik dengan sustainbilitas yang mengedepankan keseimbangan antara keuntungan jangka pendek terhadap resiko jangka panjang,dengan bentuk usaha saat ini yang tidak merusak kesehatan, keamanan dan kesejahteraan masa depan.

Perencanaan konstruksi hijau ini menghasilkan desain sistem bangunan yang effisien dalam menggunakan energi, menggunakan material yang dapat diperbaharui, didaur ulang, dan digunakan kembali serta mendukung konsep efisiensi energy. Pemilihan material yang dapat diperbaharui, di daur ulang dan digunakan kembali diharapkan dapat meninggalkan jejak yang sesedikit mungkin pada lingkungan. Semua konsep keberpihakan terhadap lingkungan tersebut juga mempertimbangkan efektivitas biaya dan kemudahan pemeliharaan, sehingga memberikan keuntungan bagi para stake holder proses konstruksi tersebut

Aplikasi Green Construction

Aplikasi dari konstruksi hijau pada tahap perencanaan terlihat pada beberapa desain konstruksi yang memperoleh award sebagai desain bangunan yang hemat energy, dimana system bangunan yang didesain dapat mengurangi pemakaian listrik untuk pencahayaan dan tata udara.Selain itu berbagai terobosan baru dalam dunia konstruksi juga memperkenalkan berbagai material struktur yang saat ini menggunakan limbah sebagai salah satu komponennya, seperti pemakaian flyash, silica fume pada beton siap pakai dan beton pra cetak. Selain itu terobosan sistem pelaksanaankonstruksi juga memperkenalkan material yang mengurangi ketergantungan dunia konstruksi pada pemakaian material kayu sebagai perancah

Pentingnya Green Construction


Sebuah data yang menarik muncul dari paper yang disampaikan oleh Rosemary A.Colliver, bahwa dunia konstruksi pada negara maju seperti Amerika Serikat menghasilkan limbah konstruksi sebesar 31.5 juta ton setiap tahunnya, sedangkan operasional bangunan menyerap 40-45% tenaga listrik dunia, dimana sebuah studi yang lain memperlihatkan 70% tenaga listrik diserap oleh operasional bangunan di seluruh dunia, sungguh persentase yang cukup besar bukan? Selain itu fakta yang lain menunjukkan konstruksi menggunakan dalam jumlah besar kayu, asphalt, beton, baja, kaca, berbagai jenis metal dan banyak material lain yang diambil dari alam yang limbahnya memberikan sumbangan yang tidak sedikit pada pemanasan global dan perubahan iklim dunia dalam bentuk emisi gas kaca.

Upaya-Upaya untuk mewujudkan Green Construction


1.Membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya Green Construction bagi dunia pembangunan di Indonesia.
2.Membuat bangunan-bangunan yang berbahan dasar ramah lingkungan.
3.Mengatur tata letak kota yang sesuai dengan konsep Green Construction yang berwawasan lingkungan.
4.Membangun sistem bangunan yang effisien dalam menggunakan energi.
5.Membangun Green Construction dengan menggunakan material yang dapat di perbaharui, didaur ulang, dan digunakan kembali serta mendukung konsep efisiensi energi.
6.Mengolah limbah-limbah yang bermanfaat untuk dijadikan material bahan dasar.
7.Membangun Green Construction yang sesuai dengan kondisi alam, dan iklim wilayah Indonesia.
8.Inovasi untuk mengembangkan green building terus dilakukan sebagai upaya untuk menghemat energi dan mengurangi masalah-masalah lingkungan.
9.Pemilihan material yang pas agar Green Building bisa bertahan lebih lama.
10.Penggunaan teknologi-teknologi yang sesuai dan ramah lingkungan agar tidak merusak ekosistem sekitar

untuk itu kita sebagai warga indonesia harus go green !



Source : Kaskus.us

15 komentar:

Hammock mengatakan...

That's a great post. To spread greenery is a great task. And sharing such post and inspiring people is a appreciable task.

KitchenAid Food processor mengatakan...

Nice and more interesting post shared on the site so that can be know that and able to understand regarding post. Mostly are very like it.

Samsung Galaxy Nexus mengatakan...

Discussing about the Green contraction so that can be know that and how to work in this technology. Mostly are used and know that regarding post.It is interesting site.

it outsourcing mengatakan...

In this very grateful and more interesting technology shared on the site so that can be used and know that regarding post. Those are used in this technology.

Søvnløshed mengatakan...

Mostly are used and like it in this technology so that can be know that how to used it in this technology. It is informative and interesting post shared.

iPhone Stylus mengatakan...

Often people are very like it in this technology in which used to developed and using the program so that can be used in this technology.

euro jackpot mengatakan...

IT is greatest services and vital play role in the technology and more interesting technology and used in this services. Most of the people are very used in this techniques.

Friis og Co tasker mengatakan...

Such types of post that spreads the message of greenery among all are very important in today's time.

Lån Penge Nu mengatakan...

Frequently are second-hand and like it in this technology so that can know that how to used it in this technology. It is informative and motivating post shared.

Unknown mengatakan...

After a long period of time, found a post which is dedicated in the field of construction. But the main aspect is the construction done on the basis of Eco-friendly construction. A construction done in a manner of environmental friendly ways.The information thrown here is innovative.

Server Hosting

Unknown mengatakan...

Green construction is very much famous and obtaining hype in this period of time. The information shared here for the green development is something very much interesting and new.

Homes for Sale Portland Oregon

Unknown mengatakan...

The best green construction is really very amazing...this is such a nice Post !!!


general psychology

psychicsdirectory01 mengatakan...

The better green construction is very useful and amazing thing...this is an interesting matter to discuss here.


FREE INTERNATIONAL CALLS

pikavippi mengatakan...

in this time there is need to greenery most, and the above construction of the green is superb.

Unknown mengatakan...

Defiantly superb information that you are sharing here.......


Asot Michael

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons | Edited by Bina