Jumat, 12 Agustus 2011

Tidur tengkurap bisa membahayakan bayi


Bayi yang baru lahir seringkali lebih banyak mengahabiskan waktunya untuk tidur. Dan, tidak sedikit dari bayi-bayi itu yang tertidur lelap dengan cara tengkurap. Apakah posisi ini baik untuk bayi?
Pendapat yang pro menyebutkan dalam posisi tidur tengkurap bayi akan lebih nyenyak, nyaman, serta gerak pernapasannya lebih baik. Tidur dengan posisi bertumpu pada perut ini juga dianggap membuat bayi serasa dalam dekapan ibunya.
Di lain pihak para ahli mengatakan sebaiknya bayi tidur dalam posisi telentang paling tidak sampai ia berusia 4 bulan. Mengapa? Sebuah penelitian mengungkapkan bayi yang tidur dalam posisi tengkurap lebih sering mengalami SIDS (sudden infant death syndrome) atau sindroma kematian mendadak pada bayi. SIDS sendiri paling banyak dialami bayi berusia 2-4 bulan.
Ini adalah sesuatu yang paling menakutkan, membingungkan, dan memilukan yang dapat terjadi pada bayi yang baru lahir. Sindroma Kematian Bayi Mendadak (Sudden Infant Death Syndrome/SIDS). Istilah ini didefinisikan sebagai keadaan ketika seorang bayi meninggal di tahun pertama kehidupannya dengan sebab yang tidak jelas. Penyebabnya masih belum diketahui sepenuhnya, namun pada kasus kematian oleh SIDS, mekanisme perbaikan tubuh bayi apabila ia kekurangan oksigen tidak berkembang dan ia tidak dapat mengangkat kepalanya sendiri ketika pernapasannnya terhambat, seperti ketika ia sedang tidur dalam keadaan tertelungkup.
Tidak ada cara untuk memprediksikan apakah seorang bayi memiliki risiko SIDS, walaupun kejadian kematian akibat SIDS menurun 10 tahun terakhir. Menciptakan lingkungan aman bagi bayi untuk tidur adalah satu cara untuk mencegah SIDS.

Pada tahun pertama kehidupan, bayi harus diatur untuk tidur dengan terlentang. Jika tertidur menyamping, ia harus diposisikan dengan satu tangan terlentang kedepan untuk mencegahnya berguling tertelungkup.

Faktor resiko terjadinya SIDS:

-Tidur tengkurap (pada bayi kurang dari 4 bulan)
-Kasur yang lembut (pada bayi kurang dari 1 tahun)
-Bayi prematur
-Riwayat SIDS pada saudara kandung
-Banyak anak
-Musim dingin
-Ibunya perokok
-Ibunya pecandu obat terlarang
-Ibunya berusia muda
-Jarak yang pendek diantara 2 kehamilan
-Golongan sosial-ekonomi rendah
-Perawatan selama kehamilan yang kurang

SIDS lebih banyak ditemukan pada bayi laki-laki.

Mencegah terjadinya SIDS merupakan alasan utama dari para ahli agar bayi tidur dalam posisi terlentang atau miring. Sejak American Academy of Pediatrics mengampanyekan tidur telentang untuk bayi, angka SIDS memang turun hingga 50 persen.
Penelitian tahun 2003 yang dimuat dalam Archieves of Pediatrics and Adolescent Medicine juga menemukan manfaat lain dari tidur telentang, yakni menekan risiko infeksi telinga, demam dan gangguan pada hidung.

beberapa cara pencegahan bayi tidur tengkurap :
1. Pengganjal dari busa yang lembut dapat dibeli untuk keperluan ini.
2. Hindari boneka, bantal, selimut yang berbulu, longgar dan pastikan wajah bayi anda tidak tertutupi
3. Hati-hati untuk tidak membuat bayi anda kepanasan karena terlalu tebal menyelimutinya atau memakaikan baju berlapis-lapis.
4. Jangan merokok dan jangan izinkan siapapun merokok di dekat bayi anda.
5. Pastikan ia memiliki matras yang stabil/kaku di tempat tidur bayi yang diakui keamanannya.
6. Biarkan bayi mengempeng ketika tidur, selama ia belum berusia satu tahun. Hasil penelitian mengatakan bahwa empeng cenderung menurunkan risiko SIDS.
7. Setelah bayi tertidur, pindahkan ia ke boksnya. Bayi yang tidur sendiri cenderung rendah risiko mengalami SIDS.

monitoringlah bayi anda, supaya bayi anda tidak berhenti bernafas. Ada beberapa indikasi supaya Anda mempertimbangkan kondisi bayi:

* Jika bayi memiliki riwayat kondisi yang membahayakan nyawanya, seperti menjadi kebiruan, atau riwayat keadaan yang memerlukan resusitasi/pernafasan buatan mulut-ke-mulut.
* Jika bayi memiliki saudara kandung yang meninggal akibat SIDS.
* Jika bayi terlahir prematur.
* Perawatan kehamilan yang buruk
* ibu berusia kurang dari 20 tahun saat melahirkan
* Anak yang berkeringat karena mengenakan baju terlalu tebal saat tidur

Pastikan pemeriksaan yang rutin bagi bayi sehat untuk memastikan paru-parunya berkembang dengan baik dan melakukan imunisasi.

PENGOBATAN

Orang tua yang kehilangan anaknya karena SIDS memerlukan dukungan emosional. Penyebab kematian anaknya tidak diketahui, sehingga mereka seringkali merasa bersalah.
Mungkin ada baiknya jika orang tua merencanakan untuk memiliki anak lagi.



source : Kaskus.us

17 komentar:

Samsung Galaxy Nexus mengatakan...

This is very nice and informative matter discussed in the post. Due to post that can be know that regarding post. It is very interesting post.

Doors Dewsbury mengatakan...

Mostly are very like it and enjoy it in this post. This is very informative and interesting also so that can be know that and enjoy it.

spil lotto mengatakan...

Nice and good lovely baby who is sleeping very well and good breathing so nice and very interesting post shared on the site .

Server Hosting mengatakan...

predisposition whether a baby has a risk of SIDS, although the incidence of SIDS deaths declined last 10 years. Creating a safe environment for baby to sleep is one way to prevent SIDS.

Day Birger et Mikkelsen taske mengatakan...

Image and content, both are really very pleasant to see and read. Thanks for sharing it here with us.

beste forbrukslÄn mengatakan...

Fastidious and good beautiful baby who is sleeping very well and good breathing so nice and very interesting post shared on the site.

sensual massage London mengatakan...

A good pressure cooker comes with a gas-tight seal gasket that makes the steam unable to escape from it. It is necessary to be heavy to support the process of cooking with pressure.

pearl district condos for sale mengatakan...

Image and content look a very nice,see and read.Small baby looking so cute and lovely,sleeping very Welland very interesting post for shared on this site.It is very interesting post.

Unknown mengatakan...

The information about baby sleeping is very useful for newly parents...you are sharing very crucial information with us it is nice.

Sneaky fox

Unknown mengatakan...

While sleeping towards on his stomach really harms the new born baby, this is an informatics news gathered through this blog. The information is best for the mothers who have delivered a child. All the various aspects are been mentioned here. What are the Do's and Don't that should be performed.

Pearl District Condos

Unknown mengatakan...

So cute baby picture you are sharing here .........i like it.


flu incubation period

Unknown mengatakan...

For Newly parents information about baby sleeping is a great !!!!!!



web design London

psychicsdirectory01 mengatakan...

This is an amazing services of baby sleeping is great here....very useful information you are sharing...


FxUnited

Unknown mengatakan...

This is a good news for the parents who are facing the sleeping disorders of child. This is really a nice post where you can gain the sleeping procedures and disorders of child's.

Promotional Pens

Unknown mengatakan...

General views about children is very useful news of here..........


seo ireland

Unknown mengatakan...

Cute baby is sleeping ......you are telling such a very important news...

Free Tv Episodes

psychicsdirectory01 mengatakan...

Information about baby is a great post, this is best post for new born baby parents.

Sainsbury Typhoo

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons | Edited by Bina